Negara Mana Saja yang Terlibat Perang Dunia II?

Perang Dunia II adalah peristiwa konflik global terbesar dalam sejarah umat manusia. Perang ini melibatkan hampir semua negara di dunia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Negara-negara utama yang terlibat dalam Perang Dunia II dapat dikelompokkan menjadi dua aliansi besar, yaitu Kelompok Sekutu dan Kelompok Poros.

Kelompok Sekutu merupakan koalisi negara-negara yang melawan kekuatan Poros yang dipimpin Jerman Nazi. Anggota utama Kelompok Sekutu antara lain Britania Raya , Amerika Serikat , Uni Soviet , dan Tiongkok . Mereka bersatu untuk melawan ekspansi militer dan ideologi fasisme-nazisme yang mengancam perdamaian dunia.

Negara-Negara Kelompok Sekutu

Britania Raya

Britania Raya adalah anggota pertama Sekutu yang berperang melawan Jerman setelah diserang pada 1939. Selama perang, Britania Raya dipimpin oleh Perdana Menteri Winston Churchill yang gigih melawan Nazi. Britania mengerahkan tentara darat, laut dan udara serta armada kapal dan pesawat tempur untuk melawan Jerman.

Amerika Serikat

AS awalnya bersikap netral tapi akhirnya terlibat perang setelah diserang Jepang di Pearl Harbor pada 1941. Di bawah Presiden Franklin D. Roosevelt, AS mengirimkan tentara dan perbekalan ke Eropa dan Pasifik untuk membantu Sekutu. Industri dan ekonomi AS yang kuat menjadi penopang kekuatan Sekutu dalam perang.

Uni Soviet

Uni Soviet dipimpin Joseph Stalin. Mereka mengerahkan tentara darat terbesar di Eropa Timur untuk melawan invasi Nazi ke Rusia. Meski mengalami kerugian besar, Uni Soviet berhasil memukul balik serangan Jerman dan mengepung Berlin.

Tiongkok

Tiongkok di bawah Chiang Kai-shek berperang melawan invasi Jepang sejak 1937. Tentara Tiongkok memperlambat kemajuan tentara Jepang di Asia Timur meskipun mengalami korban jiwa besar.

Negara-Negara Kelompok Poros

Jerman Nazi

Jerman dipimpin Adolf Hitler dari Partai Nazi. Jerman memulai perang dengan menyerbu Polandia 1939. Tentara Jerman Wehrmacht melakukan blitzkrieg ke sebagian besar Eropa Barat & Timur. Ambisi Hitler untuk menguasai Eropa berhasil dipatahkan Sekutu.

Kekaisaran Jepang

Jepang dipimpin Kaisar Hirohito menyerang Pearl Harbor 1941 lalu menginvasi Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik. Armada laut dan udara Jepang awalnya tak terkalahkan tapi akhirnya dikalahkan Sekutu setelah pengeboman atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Italia

Italia di bawah diktator Benito Mussolini bergabung dengan Poros tahun 1940. Pasukan Italia berperang di Afrika Utara, Balkan, dan Rusia bersama tentara Jerman. Italia menyerah kepada Sekutu pada 1943 setelah invasi Sekutu ke Sicily.

Peristiwa Utama Perang Dunia II

Serangan Jepang ke Pearl Harbor

Serangan mendadak Jepang ke pangkalan militer AS Pearl Harbor 7 Desember 1941 memaksa AS masuk perang. Serangan ini menghancurkan sebagian besar armada Pasifik AS. Ini juga membuat opini publik AS marah dan mendukung perang melawan Jepang.

Invasi Sekutu ke Normandia

D-Day 6 Juni 1944 menandai invasi sekutu ke Prancis yang diduduki Nazi lewat Normandia. Invasi dahsyat ini melibatkan ribuan kapal dan tentara Sekutu. Normandia menjadi titik balik perang di Eropa yang memukul mundur tentara Jerman.

Pengeboman Atom Hiroshima dan Nagasaki

AS menjatuhkan bom atom pertama ke Hiroshima 6 Agustus 1945, diikuti bom kedua ke Nagasaki 9 Agustus 1945. Ledakan dahsyat ini menewaskan ratusan ribu warga sipil Jepang. Ini memaksa Kaisar Hirohito menyerah kalah 15 Agustus 1945.

Dampak Perang Dunia II

Korban Jiwa dan Kerusakan

Perang Dunia II menewaskan diperkirakan 70-85 juta orang, termasuk 60 juta warga sipil Eropa dan Asia. Korban tewas 6 juta orang Yahudi dalam Holocaust. Kerusakan infrastruktur dan ekonomi di Eropa dan Asia sangat parah akibat perang.

Perubahan Geopolitik Dunia

Perang Dunia II menandai bangkitnya AS dan Uni Soviet sebagai superpower baru. Dominasi kolonial Eropa runtuh digantikan pengaruh AS dan Soviet. Jerman dan Jepang berubah dari kekuatan militer menjadi kekuatan ekonomi.

Berakhirnya Kekaisaran Jepang

Kekalahan telak Jepang dalam Perang Dunia II menandai berakhirnya imperialisme Jepang di Asia. Jepang menderita kerusakan parah dan diduduki pasukan Sekutu. Kaisar Jepang kehilangan status ketuhanan dan perannya dibatasi menjadi lambang negara.

Perang Dunia II melibatkan negara-negara utama di dunia terbagi dalam dua aliansi besar. Kelompok Sekutu: Britania Raya, AS, Soviet, dan Tiongkok. Kelompok Poros: Jerman Nazi, Kekaisaran Jepang, dan Italia. Mereka berperang selama 6 tahun memperebutkan dominasi ideologi dan wilayah kekuasaan.

Perang Dunia II meninggalkan pelajaran penting tentang akibat tragis perang dan pentingnya perdamaian dunia. Kerja sama internasional seperti PBB dibentuk untuk mencegah terulangnya lagi konflik global. Perang ini menjadi peringatan agar negara-negara mengedepankan diplomasi, bukan kekerasan.