Kapan Sholat Tahajud Paling Afdol? Ini Jawabannya!

Sholat tahajud doa dikabulkan jam berapa? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak umat Islam yang ingin melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah doa-doa yang dipanjatkan pada saat sholat tahajud lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga pertama malam atau sepertiga kedua malam. Pada dasarnya, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah waktu yang paling memungkinkan bagi kita untuk melaksanakannya dengan khusyuk dan tenang.

Waktu Sholat Tahajud Terbaik

Sepertiga Pertama Malam (19.00 – 22.00)

Waktu yang tepat untuk memulai sholat tahajud pada sepertiga pertama malam adalah setelah sholat Isya hingga pukul 22.00 malam. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang tepat karena pada saat itu suasana masih tenang dan sunyi, sehingga kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat tahajud.

Manfaat sholat tahajud di sepertiga pertama malam antara lain:

Sepertiga Kedua Malam (22.00 – 01.00)

Waktu yang tepat untuk memulai sholat tahajud pada sepertiga kedua malam adalah setelah pukul 22.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Waktu ini juga dianggap sebagai waktu yang tepat karena pada saat itu suasana masih cukup tenang dan sunyi, sehingga kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat tahajud.

Manfaat sholat tahajud di sepertiga kedua malam antara lain:

Sepertiga Ketiga Malam (01.00 – Subuh)

Waktu yang tepat untuk memulai sholat tahajud pada sepertiga ketiga malam adalah setelah pukul 01.00 dini hari hingga masuknya waktu subuh. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk melaksanakan sholat tahajud karena pada saat itu suasana sudah sangat tenang dan sunyi, sehingga kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat tahajud.

Manfaat sholat tahajud di sepertiga ketiga malam antara lain:

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk melaksanakan sholat tahajud dengan baik dan khusyuk:

Dengan melaksanakan sholat tahajud dengan baik dan khusyuk, insya Allah kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dari Allah SWT.