Ibu Beli Wortel 20 Ons Kentang 30 Ons, Berapa Totalnya?

Ibu pergi ke pasar minggu pagi ini untuk membeli bahan makanan yang dibutuhkan untuk memasak di rumah. Di antara sayur-sayuran yang dibeli, ada wortel dan kentang. Kita akan menghitung total berat belanjaan Ibu dalam satuan ons.

Yuk kita ikuti cerita belanja Ibu di pasar hari ini!

Daftar Belanjaan Ibu Hari Ini

Hari masih pagi saat Ibu berangkat ke pasar. Dia membawa keranjang untuk menampung belanjaannya nanti. Sesampainya di pasar, Ibu langsung menuju ke bagian sayur-sayuran.

Ibu Membeli Wortel Seberapa Banyak?

Saat berada di bagian wortel, Ibu memilih wortel yang terlihat segar dengan warna oranye cerah. Si penjual sayuran menimbang pesanan Ibu, ternyata wortel yang dibeli Ibu beratnya 20 ons .

Ibu Juga Membeli Kentang, Berapa Banyak?

Setelah itu Ibu juga membeli kentang di tempat yang sama. Kentang dipilih dengan ukuran yang sama besar agar matangnya rata saat dimasak nanti. Kemudian kentang ditimbang oleh si penjual sayuran. Ternyata kentang yang dibeli Ibu beratnya 30 ons .

Menghitung Total Belanjaan Ibu

Nah, Ibu sudah selesai berbelanja sayuran yang dibutuhkan. Sekarang saatnya menghitung total keseluruhan berat belanjaan Ibu dalam satuan ons.

Cara Menjumlahkan Berat Belanjaan

Untuk bisa mengetahui total berat belanjaan, kita harus menjumlahkan berat masing-masing jenis belanjaan.

Contoh Menghitung Belanjaan Ibu

Mari kita coba hitung total belanjaan Ibu berdasarkan daftar belanjaannya:

Jadi, total keseluruhan belanjaan Ibu hari ini adalah:

20 (ons) + 30 (ons) = 50 ons

Mari Hitung Bersama Berat Belanjaan

Sekarang giliran kamu yang menghitung total berat belanjaan Ibu ya. Ikuti pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Berapa Ons Wortel yang Dibeli Ibu?

Jawab: Wortel yang dibeli Ibu seberat 20 ons .

Berapa Ons Kentang yang Dibeli Ibu?

Jawab: Kentang yang dibeli Ibu seberat 30 ons .

Jadi Berapa Total Semua Belanjaan Ibu?

Jawab:

Memahami Satuan Berat Ons

Nah kamu sudah bisa menghitung total belanjaan Ibu dalam satuan berat ons kan? Sekarang, mari kita pelajari lebih dalam tentang satuan ons ini.

Apa Itu Satuan Ons?

Ons merupakan satuan berat. Satu ons sama dengan 28,35 gram. Jadi saat berbelanja di pasar, biasanya penjual akan membaca hasil timbangan dalam satuan ons.

Mengapa Kita Gunakan Satuan Ons?

Satuan ons lebih praktis digunakan karena nilainya bulat, tidak desimal seperti kilogram atau gram. Selain itu satuan ons juga pas untuk menimbang bahan makanan dalam jumlah sedikit seperti sayur dan buah.

Bagaimana Cara Menimbang dalam Satuan Ons?

Agar bisa membaca hasil timbangan dalam ons, maka pada alat timbangan tersebut sudah harus tertera satuan ons. Nah lalu kita tinggal meletakkan benda yang ingin kita timbang di atas alat tersebut. Maka hasil timbangan langsung dibaca dalam satuan ons.

Hari ini Ibu membeli belanjaan di pasar, yaitu wortel seberat 20 ons dan kentang seberat 30 ons. Jadi total keseluruhan belanjaan Ibu adalah 20 + 30 = 50 ons . Demikian ulasan menghitung total belanjaan Ibu dalam bentuk cerita agar lebih menarik.